Pasang Anti Spam Di Blog




Buat kamu para pemilik blog tentu tau apa itu spam? spam bisa berakibat buruk apabila dibiarkan. Bayangkan jika ada spam pada buku tamu Anda atau pada komentar blog Anda. Spam sangat merugikan jika terjadi terus menerus dan dalam jumlah yang besar.
Seperti blog saya ini setiap hari selalu saja ada spam pada komentar. Untungnya ada Akismet untuk WordPress yang cukup ampuh menghadangnya. Bagi Anda pemilik blog berbasis WordPress  boleh bernafas sedikit lega karena cukup banyak proteksi anti spam yang tersedia melalui plugin yang bisa diaktifkan pada saat pemberian komentar dan juga saat registrasi jika dibolehkan.

Gunakan Recaptcha


Salah satu anti spam yang menurut saya cukup ampuh adalah Recaptcha dari Google. Saya kurang tahu kapan Recaptcha diakuisisi oleh Google, yang jelas sekarang Recaptcha sudah terintegrasi dengan akun Google jika ingin memanfaatkan layanannya. Sebelum dibeli oleh Google memang Recaptcha sangat populer dan banyak digunakan pada berbagai situs termasuk Facebook dan Twitter dan situs besar lainnya, mungkin inilah yang membuat Google demikian tertarik.

Recaptcha untuk WordPress

Seperti umumnya software lain, maka Recaptcha untuk WordPress tersedia melalui Plugin WordPress. Silakan download Recaptcha for WordPress terlebih dahulu. Lalu aktifkan melalui daftar Plugin untuk blog Anda. Setelah itu Anda wajib untuk registrasi dan memasukkan 2 baris kode yaitu Public Key dan Private Key. Kedua fungsi wajib dimasukkan guna memberitahukan kepada Recaptcha bahwa blog Anda siap untuk minta perlindungan dari bahaya spam.
Recaptcha
Khusus untuk WordPress umumnya spam ada di bagian pemberikan komentar dan saat registrasi apabila terbuka untuk umum. Anda bisa mengaktifkan pilihan tersebut setelah memasukkan Public Key dan Private Key. Klik menu “Fix this” sesaat setelah Anda mengaktifkan plugin “Recaptcha for WordPress”.
Recaptcha
Jika telah memiliki akun Google, maka Anda bisa langsung login menggunakannya untuk mendapatkan Public Key dan Private Key.

Mendaftarkan Domain Blog Anda Pada Recaptcha

Silakan buka URL berikut ini untuk untuk mendaftar di Recaptcha: http://www.google.com/recaptcha.
Masukkan info email dan password lalu Anda akan dibawa kembali menuju halaman Recaptcha.
Masukkan nama domain Anda di kotak isian. Jika Anda mempunyai banyak domain silakan berikan tanda centang pada pilihan “Enable this key on all domains (global key)”. Ini berarti Public dan Private Key yang nanti Anda miliki bisa digunakan untuk banyak domain sekaligus tanpa harus mendaftarkannya berkali-kali.
Klik tombol “Create Key” yang terletak di bagian bawah halaman. Dalam sekejap Anda akan mendapatkan sebuah Public Key dan Private Key.
Recaptcha
Segera salin pada form isian yang terdapat di pengaturan Plugin “Recaptcha for WordPress” Anda sebelumnya.

Pengaturan Recaptcha untuk WordPress

Perlu pengaturan lebih lanjut agar tiap kali ada yang memberikan komentar harus memasukkan kode keamanan. Pastikan Anda mencentang tanda isian pada “Enable for comments form”.
Recaptcha
Satu lagi pengaturan yang bersifat opsional jika Anda membutuhkan proteksi spam untuk pendaftaran baru pada blog Anda. Ini sangat berguna jika blog berbasis WordPress Anda adalah WordPress Multiuser (WP MU).
Klik tombol “Save reCAPTCHA Changes” untuk meyimpan. Lalu cek pada sebuah tulisan dengan formulir isian komentar pada blog Anda (biasanya form tersedia di bagian bawah sebuah tulisan).
Recaptcha
Selamat, semoga kita semua terbebas dari SPAM yang jahanam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

22 Tempat Wisata di Asia Tenggara yang Wajib Dikunjungi

Cara Merubah Tampilan Kotak Komentar Blogger Seperti Facebook

10 Tips Untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Ke Luar Negeri