10 Tips Untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Ke Luar Negeri



Baru Pertama Kali Ke Luar Negeri-Ini Tipsnya!


Sudah punya rencana untuk travelling ke luar negeri? Kalau liburan ke luar negeri ini adalah yang pertama untukmu pasti ada kebingungan yang kamu alami. Pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah apa saja yang harus disiapkan. Enggak susah kok pergi ke luar negeri asalkan kamu sudah menyiapkan semuanya. Coba deh 10 tips ini untuk membantumu menyusun rencana perjalan ke luar negeri pertama kali.

Membuat passport

Buat passport
Image: https://www.sepulsa.com
Passport adalah hal penting yang harus kamu urus sesegera mungkin. Bisa dibilang passport ini seperti kunci kemana saja yang bisa membawamu ke negara-negara yang belum pernah kamu kunjungi. Passport sangat dibutuhkan mulai dari beli tiket sampai nanti check in di hotel.
Sekarang enggak susah membuat passport kamu bisa langsung mendaftar online dan mengisi data-data yang diperlukan sebelumnya. Tapi jangan lupa untuk menyiapkan dokumen pendukung seperti ijazah terakhir, kartu keluarga, akte lahir, KTP, dan persyartan lainnya. Oh ya kalau memang memungkinkan kamu bisa nih memilih E-Passport yang akan memberikanmu banyak kemudahan.

Mengurus Visa

Urus Visa
Image: http://nationalgeographic.co.id
Kadang kala mengurus Visa masih menjadi ketakutan tersendiri bahkan untuk orang-orang yang sudah bolak balik ke luar negeri. Kamu yang baru pertama kali ke luar negeri juga pasti punya ketakutan kalau Visa akan ditolak.
Visa ini digunakan untuk pergi ke banyak negara di dunia karena Indonesia belum banyak mendapatkan hak istimewa bebas Visa. Kamu yang berpergian ke sekitar Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand tidka perlu pusing mengurus Visa.
Sedangkan kamu yang ingin ke Korea, Jepang, Australia, Eropa, dan Amerika memerlukan Visa. Setiap negara memiliki ketentuan dan persyartan tersendiri soal Visa jadi cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu. Kalau bingung kamu juga bisa mengajukan Visa dengan bantuan biro perjalanan.

Memesan penginapan

pesan penginapan
Image: http://themetapicture.com
Walaupun kamu tipe traveler yang bebas dengan gaya mengalir seperti air yang namanya pergi ke luar negeri itu tetap berbeda. Kamu wajib memesan penginapan jauh-jauh hari jangan sampai kamu bisa kesana tapi bingung harus tidur di mana.
Penginapan ini bisa disesuaikan dengan budget kok kalau kamu ke sana dengan budget mepet kamu bisa memilih hostel, couchsurfing, atau Air B n B. Intinya penginapan itu sama pentingnya dengan tiket penerbangan dan mengurus Visa. Beberapa negara juga mewajibkan mencantumkan alamat menginap selama berpergian sebagai syarat pengajuan Visa.

Pelajari negara tujuan

pelajari negara tujuan
Image: https://ny.eater.com
Kalau perjalanan pertamamu ini untuk bekerja mungkin kamu enggak terlalu memikirkan karena pasti kantor sudah mengatur semuanya. Nah berbeda dengan kamu yang pergi liburan kamu harus nih mengenali negara tujuanmu.
Tujuannya supaya kamu lebih siap dan enggak melakukan kesalahan pas sampai di negara tujuan. Enggak lucu kan kalau kamu packing kaos-kaos tipis eh pas sampai ternyata lagi musim dingin. Mempelajari negara tujuan ini juga membuatmu lebih hemat waktu selama berada di negara tujuan. Oh ya jangan lupa untuk mempelajari kebiasaan dan aturan di negara tempatmu berlibur ya.

Cari tahu apakah perlu melakukan vaksin

cari tahu soal vaksinasi
Image: http://vaccines.procon.org
Di beberapa negara kamu perlu melakukan vaksin-vaksin tertentu untuk mencegah sebuah penyakit. Misalnya saja jika orang luar ingin berlibur ke Indonesia mereka harus melakukan vaksin malaria. Mencari tahu soal ini juga sangat penting jangan sampai kamu malah enggak happy pas liburan di sana karena sakit.

Tukarkan uang

tukarkan uang
Image: http://www.overlandtoiran.com
Hal ini juga penting untuk dilakukan sebelum kamu pergi ke luar negeri. Kamu enggak mau ribet kan pas sampai di negara tujuan harus repot cari-cari tempat penukaran uang. Kamu bisa menukarkan sebagian uang ke mata uang negara tujuan dan tetap membawa rupiah. Jangan lupa untuk meminta pecahan uang kecil dan koin karena ini akan kepakai banget.

Beritahu pihak bank soal rencana perjalananmu

Petugas teller melayani transaksi nasabah di Bank Mandiri KCP Jakarta Pertamina UPMS III, Jakarta, Jumat (6/5). Bank Mandiri mengoperasikan sebanyak 148 kantor cabang di seluruh Indonesia pada saat libur Isra Mi'raj untuk menerima pembayaran pembelian BBM oleh SPBU-SPBU dan Perseroan, sekaligus menyiapkan uang tunai Rp4 triliun guna memenuhi kebutuhan ATM dan cabang saat libur panjang akhir pekan. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/kye/16Image: http://mediaindonesia.com Kalau kamu punya Credit Card dan Debit Card ada baiknya kamu memberitahu pihak bank soal rencana perjalananmu ini. Jadi ketika kamu melakukan transaksi apapun di luar negeri kamu enggak akan terganggu karena bank mencurigai transaksi ini. Jangan lupa juga untuk mencatat nomer call center bank-mu ya.

Aktifkan nomer ponsel

aktifkan telepon
Image: pexels.com
Walaupun sedang berlibur kamu tentu enggak mau ketinggalan berita-berita penting atau berbagai dengan orang-orang tersayang kan. Makanya penting banget mengaktifkan nomer ponselmu, beli simcard lokal untuk bisa terus berkomunikasi atau kamu juga bisa memesan modem WiFi sebelum berangkat ke negara tujuan.

Siapkan itinerary

siapkan itinerary
Image: pexels.com
Namanya baru pertama kali semua persiapan harus dilakukan dengan matang. Selain mencari tahu dan mengenali negara tujuanmu kamu juga harus membuat itinerary yang isinya rencana perjalananmu. Misalnya saja obajke wisata yang ingin kamu kunjungi, transportasi yang kamu butuhkan dan lainnya.
Salah satu cara kamu bisa mengatur budget adalah dengan membuat rencana perjalanan ini. Kamu bisa mengira-ngira berapa biaya yangkamu butuhkan untuk satu hari perjalanan mulai dari makan sampai transportasinya.

Bawa barang-barang penting saja

bawa barang penting
Image: pexels.com
Ingat ya kamu hanya ingin liburan bukan pindah rumah jadi barang-barang yang dibawa enggak usah banyak-banyak. Packing barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan saja jangan sampai kamu capek duluan sama barang bawaanmu.
Kalau kamu bisa mencuci di negara tujuan lebih baik bawa baju secukupnya saja. Oh ya tinggalkan juga barang-barang yang berat dan tidak dibutuhkan misalnya saja membawa beberapa tas atau aksesoris yang berlebihan. Jangan lupa juga untuk membawa alat mandi dan kosmetik tapi jangan dalam ukuran asili ya. Kamu bisa menaruhnya di botol-botol atau tempat kecil untuk menghemat ruang dan enggak jadi beban karena terlalu berat.

SUMBER : www.shopback.co.id 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

22 Tempat Wisata di Asia Tenggara yang Wajib Dikunjungi

2 CARA Membuat Widget Chat Online Gratis Untuk Blog

Cara Merubah Tampilan Kotak Komentar Blogger Seperti Facebook